Senin, 29 Juni 2015

Perkembangan Penerbitan Mushaf Al Qur'an di Indonesia, Titip Sedekah Sebar Al Qur'an Gratis

Informasi seputar Perkembangan Penerbitan Mushaf Al Qur'an di Indonesia yang coba kami share ke pembaca #titipsedekah agar ada manfaatnya. Kami kutip dari sumber-sumber resmi dapat Anda cek link nya.

Sebelumnya, Informasi apa itu Al Qur'an, dapat Anda cek di klik Wikipedia . Penerbitan Mushaf Al Quran di Indonesia, Generasi pertama pencetak mushaf Al-Qur’an di Indonesia adalah Abdullah bin Afif Cirebon yang telah memulai usahanya sejak tahun 1930-an – bersamaan dengan Sulaiman Mar’i yang berpusat di Singapura dan Penang – serta Salim bin Sa’ad Nabhan Surabaya. 

Usaha bidang ini kemudian disusul oleh Penerbit Al-Ma’arif Bandung yang didirikan oleh Muhammad bin Umar Bahartha pada tahun 1948. Mereka tidak hanya mencetak Al-Qur’an, namun juga buku-buku keagamaan lain yang banyak dipakai umat Islam. 

titip sedekah

Pada tahun 1950-an penerbit mushaf di antaranya adalah Sinar Kebudayaan Islam dan Bir & Company. Penerbit Sinar Kebudayaan Islam menerbitkan mushaf pada tahun 1951. Bir & Co mencetak sebuah mushaf dengan tanda tashih dari Jam’iyyah al-Qurra’ wal-Huffaz (perkumpulan para pembaca dan penghafal Al-Qur’an) tertanggal 18 April 1956. Pada tahun 1960-an Penerbit Toha Putra Semarang memulai kegiatan yang sama, lalu disusul Penerbit Menara Kudus. Penerbit lainnya pada sekitar periode ini adalah Tintamas, Sinar Kebudayaan Islam, dan beberapa penerbit kecil lainnya. Sampai dengan dekade 1970-an dan 1980-an sejumlah penerbit di atas masih merupakan “pemain utama” dalam produksi mushaf di Indonesia. Pada periode tersebut muncul sejumlah penerbit mushaf baru, di antaranya, Firma Sumatra, CV Diponegoro, CV Sinar Baru, CV Lubuk Agung, CV Angkasa, CV Al-Hikmah (Bandung); CV Wicaksana, CV Al-Alwah (Semarang); CV Bina Ilmu (Surabaya); CV Intermasa (Jakarta), serta beberapa penerbit kecil lainnya. Jenis mushaf yang dicetak, hingga dekade tersebut, adalah mushaf asal Bombay yang berkarakter tebal, dengan tambahan “muatan lokal” berupa tajwid, keutamaan membaca Al-Qur’an, daftar surah, dan lain-lain, dalam tulisan Jawi (huruf Arab-Melayu). Teks tambahan tersebut terdapat di bagian awal atau akhir mushaf yang ditulis oleh ahli kaligrafi tempatan, sehingga perbedaan kaligrafinya terlihat sangat kontras. 

Terbitnya Mushaf Al-Qur'an Untuk Anak Pada dekade 1990-an karena muncul sejumlah penerbit mushaf yang baru, yaitu PT Al-Amin, PT Inamen Jaya, PT Mutiara, PT Sugih Jaya Lestari, PT Tehazet, CV Doa Ibu, CV Pustaka Amani, PT Zikrul Hakim (Jakarta); CV Jumanatul Ali, CV Sugih Jaya Mukti, CV Sriwijaya, Yayasan Pustaka Fitri (Bandung); CV Asy-Syifa, CV Aneka Ilmu, CV Hilal, PT Tanjung Mas Inti CV Istana Karya Mulya, CV Kumudasmoro, PT Salam Setia Budi (Semarang); CV Karya Abadi Tama, CV Duta Ilmu, CV Al-Hidayah, CV Delta Adiguna, CV Aisyiyah, UD Mekar, CV Terbit Terang, dan CV Ramsa Putra (Surabaya). Pada dekade 2000-an beberapa penerbit mushaf baru di antaranya, Penerbit Serambi, PT Pena Pundi Aksara, CV Maghfiroh, PT Lautan Lestari, PT Cicero, PT Gema Insani Press, CV Cahaya Qur’an, CV Darus Sunnah, CV Pustaka Al-Kautsar (Jakarta); PT Syamil (sekarang Sygma Eksamedia Arkanleema), Penerbit Mizan,CV Fajar Utama Madani, CV Mi’raj Hasanah Ilmu, CV Jabal Raudhatul Jannah, CV Salamadani (Bandung); CV Karya Putra, PT Masscom Graphy (Semarang); PT Tiga Serangkai, Komari Publishing, CV Era Adicitra (Surakarta); CV Sahara, CV Barokah Putra, CV Kartika Indah,dan CV Assalam (Surabaya). 

Saat mengawali dekade 2010, penerbit baru yang muncul, yaitu Penerbit Kalim, PT Lentera Abadi, CV Bayan Qur’an, Pustaka Jaya Ilmu, Cahaya Intan, PT Juara Persada, Wahyu Media, CV Cahaya Robbani Press, PT Let’s Go (Jakarta); CV Fokus Merdia, CV Nawa Utama (Bandung); Penerbit Djaja Diva, Pinus Book Publisher (Yogyakarta); CV Karya Semesta (Salatiga); Penerbit Duta Surya, dan CV Imam (Surabaya).

titip sedekah Al Quran

Semenjak dekade 2000-an, beberapa penerbit yang semula hanya menerbitkan buku keagamaan – dan mereka telah sukses di bidangnya – mulai tertarik untuk menerbitkan mushaf. Penerbit buku keagamaan yang kemudian tertarik menerbitkan mushaf, yaitu Mizan, Syamil, Serambi, Gema Insani Press, dan Pustaka Al-Kautsar. Bahkan sebagian lain semula merupakan penerbit buku umum yang telah sukses, yaitu Tiga Serangkai, Cicero, dan Masscom Graphy (penerbit koran Suara Merdeka, Semarang). Selepas krisis ekonomi Indonesia tahun 1998, dan sejalan dengan selera masyarakat yang semakin tinggi dalam hal desain buku, mengikuti kompetisi pasar mushaf memang semakin diminati para penerbit. Besarnya “kue” pasar mushaf secara kasar dapat dilihat dengan semakin meningkatnya kesadaran keagamaan umat yang tercermin dari ramainya majelis-majelis taklim dan majelis zikir yang dihadiri berbagai lapisan umat Islam.
Nah sumber tulisan diatas kami dapatkan informasi dari klik : Lajnah Kemenag RI 

Artikel lain tentang yang membahas penerbitan Mushaf dapat Anda baca dan download silahkan cek Artikel berjudul : 5 Pencetakan Mushaf Al-Qur'an di Indonesia ditulis oleh Ali Akbar dapat Anda temukan juga dengan : klik disini

Gerakan Titip Sedekah, hanya membantu sedikit, untuk mewujudkan donasi dari para donatur #titipsedekah Agar Donasi jadi barang yang disitu bisa jadi Amal Jariyah yang mengalir terus menerus. Dari Uang Donasi yang masuk seluruhnya dibelikan Mushaf Al Quran, Kami niatkan support berbagi sebar Al Quran Gratis bagi Yatim dan Dhuafa melalui relawan - relawan Kami yang tersebar di Jawa Timur khususnya, diberikan langsung ke penerima, maupun ke PAnti Asuhan dan Yayasan pembina Yatim dan Dhuafa serta TPA / TPQ / Madin yang ada warga muslim Indonesia yang tak mampu dan membutuhkan untuk belajar mengaji. Jika Anda ingin ikutan berbagi, namun masih kebingungan / ada pertanyaan yang dirasa masih belum jelas silahkan, Anda dapat langsung kontak tim RELAWAN TITIP SEDEKAH : 

No Telpon : 0856.4548.1824 (Mas Shofi) - 089.66.4848.880 (Mbak Nia / Mas Budi & Yusron)
twitter : titip sedekah
Facebook : titip sedekah
No Rekening BRI Syariah : 1021.9373.86. a.n Rony Ardiyanto
(Mohon Kontak No Tlp/HP diatas dahulu sebelum transfer bila ingin berbagi Al Quran, karena ada program bulanan juga untuk support Anak Yatim Piatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar